Social Icons

Kamis, 18 April 2013

Aurora

Pengertian umum tentang Aurora adalah
sesuatu peristiwa indah yang sering terjadi di daerah yang dingin terutama di daerah kutub
Pengertian Aurora
Aurora adalah pancaran cahaya alami, yang biasanya timbul pada malam hari khususnya di daerah kutub.
  1. Aurora adalah cahaya yang dilepaskan partikel badai matahari saat mencapai kutub bumi. 
  2. Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari. 
  3. Aurora adalah pancaran cahaya pada langit daerah lintang tinggi, sebagai akibat atas pembelokan partikel angin matahari oleh magnetosfer ke arah kutub, serta adanya reaksi dengan molekul-molekul atmosfer. 
  4. Aurora itu merupakan fenomena pancaran cahaya alami yang dilepaskan partikel bermuatan dari matahari pada daerah lintang tinggi lapisan ionosfer sebuah planet dab biasanya hanya timbul di daerah kutub pada malam hari.
Penyebab Terjadinya Aurora
Aurora terjadi akibat atom-atom yang bertumbukan dengan partikel-partikel bermuatan, terutama elektron dan proton yang berasal dari Matahari. Partikel-partikel tersebut terlempar dengan kecepatan lebih dari 500 mil per detik dan terhisap medan magnet Bumi di sekitar kutub utara dan selatan. Warna-warna yang dihasilkan disebabkan benturan partikel dan molekul atau atom yang berbeda. Misalnya aurora hijau terjadi akibat benturan partikel elektron dengan molekul nitrogen. Aurora merah terjadi akibat benturan partikel elektron dengan atom oksigen.
Mekanisme aurora adalah “angin Matahari” yaitu suatu aliran partikel yang keluar dari Matahari. Angin Matahari menggerakkan sejumlah besar listrik di atmosfer (sabuk Van Allen). Energi ini akan mempercepat partikel ke atmosfer bagian atas yang kemudian akan bertabrakan dengan berbagai gas. Hasilnya adalah warna-warna di angkasa yang bergerak-gerak. Tekanan listrik mengeluarkan molekul gas menjadi keadaan energi yang lebih yang mengakibatkan lepasnya foton. Warna tergantung pada frekuensi tumbukan antara partikel-partikel dan gas-gas.
Proses terjadinya angin matahari. Dimulai dengan terbentuk nya sunspot yang menciptakan medan magnet. Karena kekuatan sudah tak sanggup lagi menahan tekanan arus, maka ia akan ‘jebol’. Jebol nya sunspot ini akan memuntahkan kandungan energi yang disalurkan sebagai arus proton atau elektron.
(Sumber : http://in-toptimes.blogspot.com/2013/03/aurora.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar